Akhbaruz Zaman

***

Kitab Akhbaruz Zaman dapat disebut sebagai sebuah ensiklopedi sejarah dunia kuno yang memuat catatan perjalanan dan laporan pandangan mata keadaan geografis serta dinamika masyarakat di berbagai negara, berdasarkan pengalaman dan pengamatan langsung hasil pengembaraan penulisnya. Sehingga tidak benar jika dikatakan kitab tersebut memuat ramalan tentang peristiwa di masa depan.

Penulis kitab tersebut adalah Abu al-Hasan Ali bin al-Husain bin Ali al-Mas'udi, seorang ilmuwan muslim yang hidup pada abad ketiga sampai keempat Hijriyah. Al-Mas’udi lahir di Baghdad-Irak, meninggal dunia di Fustat-Mesir. Beliau dikenal sebagai seorang sejarawan, ahli geografi, dan pengelana. Gelar "al-Mas'udi" di belakang namanya menunjukkan bahwa nasab beliau sampai kepada Abdullah bin Mas'ud r.a. (sahabat Rasulullah s.a.w. yang sangat mulia). Ibnu Khaldun, bapak pendiri ilmu historiografi, yang hidup empat abad setelah al-Mas’udi, menggambarkan sosok al-Mas’udi sebagai “imam para sejarawan”.

Penulis kitab Akhbaruz Zaman bukan Ibrahim bin Salweqie/Saluqiyah. Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan nama tokoh tersebut dalam khazanah perbendaharaan keilmuan Islam.

Sehingga dapat diambil konklusi, bahwa ramalan terjadinya pandemi tahun 2020 dalam kitab Akhbaruz Zaman oleh Ibrahim bin Salweqie/Saluqiyah, sebagaimana yang terlanjur beredar di media sosial, adalah berita bohong yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hoaks tersebut sengaja diciptakan oleh beberapa kelompok untuk meningkatkan kepanikan dalam situasi pandemi.

***

Referensi:

https://shamela.ws/index.php/book/8620

https://www.britannica.com/topic/Akhbar-al-zaman

https://www.saudi24news.com/2020/03/the-book-of-the-news-of-the-time-ibrahim-bin-saluqiyah-pdf-the-complete-last-march-devastating-earthquake-pdf.html


***

Postingan Populer

Alas Tidur Nabi

Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu

Keluarga sebagai Akar Peradaban

Repot*)

Gunungtawang (Jilid 7)

Siklus 700 Tahun

Segalanya Akan Kembali Kepada-NYA

Menelusuri Jejak Bung Karno: Bandung (1)

Neraka di Bawah Telapak Kaki Ibu